Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Administrator

Halaman: [1] 2 3
1
Selamat Pagi..
Semangat buat aktivitas hari ini..

2
Tulisan lawas / DIPINDAHKAN: teknologi
« pada: Januari 05, 2019, 12:34:27 PM »

6
Selamat beraktifitas semua..  :)

7
Topik ini sudah dipindahkan ke [Referensi Bacaan].

[https://berbagiilmu.id/index.php?board=18.0]

8
Keamanan Siber / [Rules] Sub Kategori Keamanan Siber
« pada: Desember 13, 2018, 03:24:40 PM »
Aturan di forum berbagiilmu berlaku pula di sub kategori Keamanan Siber.
Untuk materi - materi di dalam sub kategori Keamanan Siber yaitu terkait informasi - informasi tentang perkembangan dan permasalahan seputar keamanan siber.

9
Setuju banget dengan tips nya..
 8) 8) 8)

10
Referensi Bacaan / Re:Referensi Social Engineering The Art of Human Hacking
« pada: Desember 13, 2018, 01:57:02 PM »
Judul buku : Social Engineering The Art of Human Hacking
Nama Penulis : Christopher Hadnagy
Tahun Terbit : 2011
Sinopsis :
Buku ini membahas apa itu social engineering dan bagaimana kita bisa melakukannya dan mencegah hal tersebut terjadi kepada kita di kehidupan sehari-hari. Pada buku ini terdiri dari 9 Bab yang membahas tentang seni social engineering. Bab 1 membahas mengenai pengenalan social engineering, lalu selanjutnya pada Bab 2 dibahas bagaimana informasi didapatkan dari social engineering. Pada Bab 3 membahas mengenai elisitasi, yaitu penggalangan yang dilakukan pada target untuk mendapatkan informasi. Lalu pada Bab 4 dibahas bagaimana kita menjadi seperti yang dilakukan oleh orang lain, dan di Bab 5 berisi mengenai teknik pikiran atau bagaimana seseorang mengenali atau mendapatkan sebuah informasi dari mengenali psikologi yang ada pada target. Di Bab 6 menjelaskan bagaimana seseorang membujuk target dengan mempengaruhi dalam berbagai hal. Pada Bab 7 dibahas mengenai alat apa saja yang dilakukan demi mendapatkan sebuah informasi dari social engineering, dan pada Bab 8 membahas bagaimana social engineering dilakukan dan prosesnya. Untuk Bab 9 dibahas mengenai bagaimana seseorang mencegah dan waspada akan adanya peristiwa social engineering yang terjadi di kehidupan sehari-hari.


Pada buku ini menjelaskan dengan baik apa hal yang dibahas didalamnya beserta contoh kejadian dan reka yang ada.
Informasi buku yang menarik abang bro..  8)

11
"My Journey" (Pengalaman Melanjutkan Jenjang Perkuliahan) / Re:College?
« pada: Desember 13, 2018, 11:56:43 AM »
Selamat malam, kawan.
Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman, bagaimana saya bisa berada di tahap ini.
Semasa SMA, saya memiliki cita-cita untuk menjadi mahasiswi Perguruan Tinggi Negeri, dengan jurusan yang sangat saya ingini, yaitu Ilmu Gizi. 3 bulan terakhir menjadi siswi SMA, saya benar-benar memanfaatkan diri saya untuk belajar agar masuk ke PTN yang saya ingini. Namun, saya juga mendaftar di PTK pada saat yang bersamaan. Jujur, saya jauh lebih mempersiapkan diri saya untuk masuk ke PTN dibandingkan ke PTK, namun pada akhirnya, saat ini saya adalah seorang mahasisiwi PTK semester 5. Orang bilang, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi bahkan 5 detik kedepan di dalam hidupmu.
Ini ceritaku, mana ceritamu? ;)
Kisahnya sangat bagus mbak sist..Semoga bisa menginspirasi teman teman lainnya.. ;)

12
I Have A Dream ®»»» (Tentang Ide-Ide Kreatif) / Re:Cita-Citaku
« pada: Desember 13, 2018, 11:49:14 AM »
Saya seorang anak desa. Saya punya cita-cita mulia menjadi seorang prajurit TNI. Saya masih teringat saat saya masih lulus dari SMA. Di mana umur saya masih baru menginjak 17 tahun. Untuk mendaftar Akademi Militer, umur minimal adalah 17 tahun 9 bulan. Walaupun umur saya masih kurang banyak. Namun saya tetap mencoba untuk mencari informasi lebih lanjut sampai ke KOREM. Hingga akhirnya saya pun tetap tidak diperbolehkan mendaftarkan diri oleh panitia karena terlalu muda.
Dari situ akhirnya saya menyusun rencana, bahwa saya harus kuliah terlebih dahulu. Apabila saya lulus pendaftaraN ketika saya masih kuliah nanti, maka saya putuskan untuk melanjutkan ke Akademi Militer. Namun apabila gagal, maka saya harus lanjutkan kuliah saya hingga maksimal dan baru mendaftarkan diri ke TNI melalui SePa PK.
Sebelum saya kuliah, saya mencari informasi mengenai jurusan apa saja yang sangat dibutuhkan oleh TNI setiap tahunnya. Banyak strategi saya susun untuk mencapai cita-cita saya. Dan sampai sekarang pun saya tetap tidak menyerah di umur 19 tahun ini. Karena saya selalu yakin bahwa Tuhan selalu bersama kita dan usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Oleh karena itu, saya selalu optimis menghadapi semua ini. Saya percaya bahwa banyak jalan yang dapat ditempuh untuk menuju cita-cita ini. Aamiin.
Doa saya buat terwujudnya cita-cita nya abang bro..

Amin..  ;D

13
Referensi Bacaan / Re:Referensi Pemograman Jaringan dengan Pyhon
« pada: Desember 13, 2018, 11:44:41 AM »
Selamat datang. Bagi bro n sist yang mau belajar jaringan menggunakan bahasa pemograman python, tinggal di ambil referensinya
Thanks info nya..  :)
Bisa di coba neh referensinya.. sip..

14
Mendekati ujian nasional (UN), pasti rekan-rekan yang sekarang berada di tingkat akhir jenjang pendidikan SMA sedang sibuk menentukan perjalanan setelah lulus nantinya. Website dan akun media sosial Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) pun kebanjiran pengunjung, entah pengunjung yang mencari Beasiswa, ataupun pengunjung yang hanya ingin tahu mengenai perguruan tinggi tersebut. Sebagian orang terkadang sulit menentukan pilihannya karena masalah biaya. Tidak jarang ada yang langsung memutuskan pilihannya pada PTK dengan alasan "biaya pendidikan selama kuliah tidak seberat perguruan tinggi lain, dan saya bisa langsung kerja setelah lulus".

Banyaknya kuota yang diterima pun menjadi pertimbangan untuk memilih PTK, ada yang menerima ribuan, ratusan, bahkan mungkin puluhan. Tak jarang mayoritas pendaftar memilih PTK dengan kuota penerimaan terbanyak karena berpikiran "peluang lulus saya besar, karena kuota yang diterima lebih banyak dibanding PTK lain".  Namun apa benar demikian? Belum tentu!

Jika rekan-rekan merupakan salah satu dari 'calon pendaftar' yang berpikiran seperti itu, ubah pemikiran rekan-rekan mulai saat ini, karena semakin banyak kuota penerimaan, semakin banyak pula yang mendaftar. PTK dengan kuota penerimaan ribuan pasti memiliki ribuan, puluhan ribu, bahkan ratusan ribu pendaftar. PTK dengan kuota penerimaan ratusan atau puluhan pasti memiliki pendaftar yang tidak lebih banyak dari pendaftar pada PTK dengan kuota penerimaan ribuan. Dengan demikian, dapat dikatakan peluang kelulusan rekan-rekan adalah sama untuk semua PTK.

Jadi, apa pilihan rekan-rekan? PTN? PTS? atau PTK? semuanya kembali lagi kepada rekan-rekan. Tetap semangat menentukan tujuan selanjutnya, karena kamu yang dapat menentukan masa depanmu.
Terima kasih tips nya mbak sist..Semoga bisa dijadikan pertimbangan adik-adik lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi..
 ;) ;)

15
Matematika dan Statistik / Re:Mengenal Angka Nol
« pada: Desember 09, 2018, 04:37:31 PM »
Sebagai mahasiswa, tentu kita sudah tidak asing dengan angka 0. Dari mulai masa taman kanak-kanak bahkan sampai sekarang duduk di bangku perkuliahan, kita tidak pernah lepas dari angka 0. Lantas, apakah kita sudah mengetahui pasti bagaimana sebenarnya angka 0 bisa muncul?


Konsep nol sebagai sebuah angka sudah dikenal sejak zaman dahulu oleh bangsa Babilonia. Masyarakat Babilon mengembangkan simbol spesifik untuk membedakan antara besaran. Simbol tersebut berfungsi sama seperti sistem desimal zaman modern yang menggunakan angka nol untuk memisahkan puluhan, ratusan, dan ribuan. Jenis simbol juga muncul di Amerika pada 350 Masehi. Saat itu bangsa Maya mulai menggunakan penanda nol di kalender mereka. Sistem penghitungan kuno ini menggunakan nol sebagai placeholder, bukan angka yang memiliki nilai uniknya sendiri.


Konsep bilangan nol dan sifat-sifatnya terus berkembang dari waktu ke waktu. Hingga pada abad ke-7, Brahmagupta seorang matematikawan India memperkenalkan beberapa sifat bilangan nol. Sifat-sifatnya adalah suatu bilangan bila dijumlahkan dengan nol adalah tetap, demikian pula sebuah bilangan bila dikalikan dengan nol akan menjadi nol.


Dari India, nol berkembang menuju China dan kembali ke Timur Tengah, di mana ia diangkat oleh seorang matematikawan, Muhammad bin-Musa al-Khawarizmi, sekitar tahun 773. Al-Khawarizmi adalah yang pertama kali memperkenalkan penggunaan bilangan nol sebagai nilai tempat dalam basis sepuluh. Sistem ini disebut sebagai sistem bilangan decimal. Perjalanan angka nol terus berlanjut selama beberapa abad hingga akhirnya mencapai Eropa pada 1100-an. Para pemikir seperti ahli matematika dari Italia, Fibonacci, membantu memperkenalkan nol pada khalayak. Angka nol kemudian muncul di karya Rene Descartes, bersama dengan penemuan kalkulus Sir Isaac Newton dan Gottfried Leibniz. Sejak demikian, konsep ‘tidak ada’ itu terus berperan dalam segala perkembangan, dari ilmu fisika, ekonomi, teknik, hingga komputasi.


Berkat penemuan angka nol, maka dunia matematika dijaman sekarang semakin maju, misalnya dengan ditemUkan berbagai rumus seperti rumus sinus, cosinus, tangent ataupun rumus trigonometri. Selain dalam dunia matematika penemuan angka nol ternyata sangat mempengaruhi dunia tegnologi khususnya computer/ digital yaitu ditemukannya gerbang logika dan kode ASCII.


Sumber :
https://teguuuh.wordpress.com/sejarah-ipa/sejarah-angka-nol/
https://techno.okezone.com/read/2017/12/29/56/1837618/ketahui-sejarah-penemuan-angka-nol-yang-penuh-liku


Nice Info nya
thanks..

Halaman: [1] 2 3